Makalah Hukum Bunga Bank dalam pandangan islam

Makalah Hukum Bunga Bank dalam pandangan islam

Download Makalah Hukum Bunga Bank dalam pandangan islam, Bank adalah badan yang memberikan jasa penyimpanan uang, pengiriman uang, serta permintaan dan penawaran kredit. Kegiatan yang dilakukan bank antara lain : menghimpun dana masyarakat dalam bentuk tabungan, deposito dans ebagainya, menyalurkan dana masyarakat dalam bentuk kredit. Dalam menjalankan usahanya, bank menerapkan prinsip bunga. Yang dimaksud adalah bank memberikan bunga kepada nasabah yang menyimpan uangnya dan mengenakan bunga kepada masyarakat yang mengambil kredit. Sedangkan bunga sendiri adalah keuntungan yang diberikan kepada pemilik modal dengan tingkat tertentu sesuai kebijakan yang berlaku. Yang dimaskud dengan pemilik modal adalah nasabah (untuk dana simpanan) dan bank (untuk transaksi kredit). Bank-bank di Indonesia menganut prinsip bunga floating rate, dimana tingkat bunga sering berubah-ubanh sesuai dengan ketentuan BI rate yang ditetapkan oleh BI.

download makalah hukum bunga bank dalam perdagangan islam


Saat ini, kebanyakan orang pasti menggunakan jasa perbankan untuk menyimpan uang mereka. Selain mendapat jaminan keamanan atas uang mereka, nasabah juga mendapat keuntungan dari bank yaitu berupa bunga bank. Disaat keadaan inflasi dan banyak orang yang membutuhkan uang, bank justru menawarkan bunga dengan tingkat yang cukup tinggi agar banyak orang yang menyimpan uangnya di bank. Inilah yang membuat daya tarik bank semakin besar bagi masyarakat. Minat masyarakat yang besar pada jasa perbankan terlihat pula dari besarnya dana simpanan masyarakat yang mencapai kisaran 108% pada tahun 2005 dan dana yang digulirkan (kredit) pada masyarakat mencapai 110% pada tahun 2004.

Namun ironis, disaat bank menawarkan berbagai keuntungan seperti yang telah kami sebutkan diatas, ternyata ada anggapan bahwa bunga bank adalah riba dan tidak sesuai dengan hukum islam. Hal ini membuat sebagian besar masyarakat mengalihkan dananya dari bank konvensional ke bank syariah untuk menghindari riba tersebut. Atas dasar fenomena tersebut, maka kami tertarik untuk menulis tentang hukum bunga bank menurut islam.

0 komentar: