pidato sambutan dalam acara melepas jama'ah haji

pidato sambutan dalam acara melepas jama'ah haji

Haji berarti menyengaja atau menuju dan mengunjungi. Menurut etimologi bahasa Arab, kata haji mempunyai arti qashd, yakni tujuan, maksud, dan menyengaja. Menurut istilah syara', haji ialah menuju ke Baitullah dan tempat-tempat tertentu untuk melaksanakan amalan-amalan ibadah tertentu pula.
pidato sambutan dalam acara melepas jama'ah haji


saya beerbagi kutipan pidato sambutan dalam acara melepas jama'ah haji seperti dibawah ini semoga membantu anda sebagai panitia atau ketua yayasan dalam menyampaikan pidato.

Assalamualaikum wr.wb.

Pada kesempatan yang bahagia ini, patutlah kiranya kita semua memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, dimana pada kesempatan ini kita semua dapat berkumpul di majlis ini dalamm rangka untuk menyaksikan keberangkatan haji, rekan-rekan kita ketanah suci makkah al-mukarromah, yakni melakukan ibadah haji sebagai kelengkapan dan penutup dari rukun islam yang kelima.

Sebagaimana sudah kita maklumi bersama, bahwa sebagai orang islam kita mempunyai lima sandi, lima pokok sebagai orang islam yang sering disebut dengan rukun islam, yaitu :

Membaca 2 kalimat syahadat.
Mengerjakan sholat lima waktu dalam sehari semalam.
Mengerjakan puasa rahmadan.
Mengeluarkan zakat.
Menunaikan ibadah haji ke Mekkah bila ia mampu.

Saudara-saudara sekalian yang kami hormati!

Kami yakin bahwa saudara-saudara dalam melakukan ibadah haji ini tidak karena didorong oleh hal-hal yang lain, misalnya karena supaya dipuji orang lain atau untuk mencari harta kekayaandi Makkah sana, tapi saudara-saudara melakukan ibadah haji ini didorong oleh iman dan rasa taqwa yang sudah terhujam dalam lubuk hati kita, dan juga karena terdorong oleh rasa syukurnya kehadirat allah SWT. Atas limpah rezki yang diberikan kepadanya.

Besar harapan kami, semoga saudara-saudara dalam menunaikan ibadah haji ini selamat sampai tujuan. hendaknya pula saudara dengan sepenuh keyakinan menunaikan ibadah haji tersebut dalam arti menyerahkan bulat-bulat yang disertai dengan tawakkal kepada Allah SWT.

Demikianlah sepatah dua kata yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini. Akhirnya kami sampaikan selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji dengan sempurna semoga menjadi haji yang mabrur dan semoga keluarga yang ditinggalkan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT. Amin.

Dan dengan ucapan bismillahirrohmsnirrohiim, kami lepas jama'ah haji pada hari ini, hari.....jam....semoga tuhan selalu menyertai kita.

Wassalamu'alaikum wr. wb. 

0 komentar: