Contoh pidato sambutan pada upacara pemakaman jenazah

Contoh pidato sambutan pada upacara pemakaman jenazah

Upacara pemakaman adalah sebuah upacara yang berhubungan dengan penguburan, kremasi, dll, dari jenazah orang mati, atau peringatan penguburan (atau hal sejenisnya).Kebiadaan upacara pemakaman terdiri dari kepercayaan dan praktek yang digunakan oleh sebuah budaya untuk mengenang dan menghormati orang mati melalui berbagai monumen, doa dan ritual. Kebiasaan tersebut lebih beragam antar budaya dan antar agama dan denominasi-denominasi dalam budaya. Motivasi sekuler umum untuk pemakaman meliputi masa berkabung untuk almarhum, mengenang masa hidupnya, dan memberi dukungan dan simpati kepada yang ditinggalkan. Selain itu, pemakaman seringkali memiliki aspek keagamaan yang ditujukan untuk membantu jiwa almarhum mencapai kehidupan setelah kematian, kebangkitan atau reinkarnasi. Disini saya merangkai kata untuk pidato sambutan pada upacara pemakaman jenazah seperti dibawah ini.

DOWNLOAD PIDATO SAMBUTAN PADA UPACARA PEMAKAMAN JENAZAH
Disusun Oleh : Ahmad Khosim


Assalamualaikum Wr.Wb
Bapak-bapak/Ibu-ibu/Saudara-saudara yang saya hormati!
Izinkanlah kami di sini atas nama keluarga almarhum/almarhumah yang berduka cita, ialah bapak ahmad yang pada hari ini sedang menerima musibah dari allah swt. Yaitu wafatnya ibundanya yang tersayang yang bernama ibu khotijah berusia 50 tahun.

Sungguh pada detik ini kami merasa berbesar hati dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bela sungkawa para bapak dan para ibu yang didorong oleh rasa ketulusan hati serta rasa iman yang mendalam. Semoga amal kebajikan para bapak dan para saudara-saudara mendapat pahala dari allah swt.

Kami disini mewakili keluarga yang bersangkutan sudah selayaknya pula untuk menyatakan ikut berduka cita dan berdoa semoga arwah almarhumah diterima disisi allah swt. Serta diampuni hendaknya segala kesalahan dan kehilafannya. Amin

Juga kepada keluarga yang ditinggalkan kami serukan, hendaknya cobaan dan musibah ini dihadapi dengan rasa tawakal, tabah serta berteguh hati, sehingga dalam menempuh sisa-sisa hidup ini penuh arti dan mendapat ridho dari allah swt. Yang pada akhirnya kelak kita hidup di alam akhirat bahagia yakni dimasukkan kedalam syurga. Amin

Selanjutnya pemakaman  jenazah ini kami kembalikan kepada bapak moden selaku pimpinan agama di desa ini.
Akhir kata Wassalamualaikum Wr.Wb

Download pidato

0 komentar: